TUTORIAL

Langkah penting editing album kolase foto

09.46.00edifotoin

Fotografi profesional membutuhkan media penyajian akhir yaitu cetakan foto. Dari semua kerja keras yang dilakukan mulai order pertamakali diterima, sesi pemotretan, editing, hingga tahap akhir yaitu pencetakan foto.
Album foto adalah satu diantara beberapa media penyajian foto yang masih sangat penting.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang seringkali disepelekan oleh banyak fotografer beginner, bahkan yang dibilang profesional sekalipun dalam mempersiapkan file untuk album foto.
Tiga dari empat poin dibawah ini harus mendapat perhatian khusus dari seorang fotografer.

hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan layout foto album:



1. Sortir foto

ini adalah tahap dimana tanggung jawab penuh dari seorang fotografer, dimana dia memiliki hak atas pemilihan sesuai dengan style-nya. Yang tentu saja berbeda dengan orang lain dalam penilaian tiap-tiap lembar foto yang akan di tampilkan nantinya.
ini adalah pekerjaan wajib dari seorang fotografer untuk menentukan mana foto yang akan dipakai atau tidak, mana yang harus tampil, dan memisahkan dari foto yang kembar atau hampir sama.


2. pengelompokan

Pengelompokan foto adalah membagi foto dalam folder, file mana yang akan masuk dalam sheet  1, 2, 3 dan seterusnya.
dalam pengelompokan ini juga di tentukan mana yang akan menjadi foto master (foto yang tampil paling besar) dalam satu sheet (1 sheet terdiri dari 2 halaman)
Nb: dalam satu sheet maksimal berisi 15 foto agar desain tidak terlalu penuh nantinya (baca pentingnya ruang kosong dalam sebuah desain)


3. Adjustment warna foto

Adjustment foto adalah proses pengaturan keseimbangan gelap dan terang, croping,   mengatur skin tone atau gaya warna dari foto yang sepenuhnya memiliki ciri has masing-masing berbeda setiap fotografer. Hal ini mutlak harus dilakukan oleh fotografer bila tidak ingin fotonya tampak pasaran dan terlihat memiliki ciri has. baca juga cara asyik adjustment foto dengan adobe Bridge
Saya sering menjumpai revisi dari layout album karena langkah ini tidak dilakukan yang menghasilkan foto tidak sesuai dengan karakter dan gaya warna  sesuai selera fotografer. Dampaknya tentu saja bertambahnya waktu yang tertunda pada produksi.


4. proses layout

Setelah perjuangan melaksanakan langkah-langkah diatas, maka tiba saatnya pada tahap layout editing. Ini adalah tahap penyusunan foto sesuai alur cerita yang telah disiapkan sebelumnya dalam setiap sheet album, agar tampak bagus. Ini adalah proses yang tidak kalah melelahkan dari langkah-langkah sebelumnya, yaitu menyusun tiap foto di halaman album, menambahkan hiasan sesuai gaya warna foto yang dimiliki oleh fotografer, menambahkan gradasi, menambahkan background yang sesuai, dan lain sebagainya yang bisa memakan waktu 3-4 hari kerja. langkah ke: 4 ini bisa juga diserahkan pada tenaga layout dan editing yang bisa meringankan beban sang fotografer, agar bisa berkonsentrasi pada project lainnya.
Kami menyediakan jasa layout dan editing profesional yang bisa membantu meringankan beban teman-teman fotografer dari proses layout editing hingga pembuatan albumnya.
- klik jasa layout album magazine dan wedding book
-klik untuk jasa pembuatan album magazine

Sumber: Pengalaman pribadi
Bila teman-teman Art Lover mempunyai pendapat lain, silahkan tulis di komentar.

You Might Also Like

0 comments