cara memotret anak dengan hasil yang bagus

09.03.00edifotoin


sambil kejar-kejaran
sebenarnya ini pose saat akan mengambil mangga
yang akan dilempar


Anak-anak tumbuh dengan cepatnya. 
Mereka berkembang terus dan terus tanpa kita sadari telah melewatkan semuanya dan mereka dewasa. Foto adalah sarana yang tepat untuk merekam kelucuan mereka, dimana momen-momen itu dapat kita lihat lagi dimasa yang akan datang.
Berikut ini akan saya bagikan tips memotret anak-anak agar didapat hasil yang bagus:
Biarkan Mereka Beraksi Spontan
Mengarahkan gaya tidak akan bekerja untuk semua anak, bahkan anak kembar sekalipun memiliki kepribadian yang beda. Jadi biarkan mereka bergaya dan berekspresi secara spontan. Cara paling ampuh adalah dengan mengajak mereka bermain, dan berinteraksi. Tanyai nama, nama ibu/ayah-nya, tanyai sekolahnya dll, lalu biarkan percakapan mengalir…sambil potret ekspresi atau pose mereka saat bermain atau ngobrol. 
Posisi Kamera Dengan Mata Mereka harus sejajar
Ini  menjaga tuboh mereka proporsional (kepala tidak lebih besar daripada bagian tubuh yang lain), jongkok-lah atau berbaringlah. Secara alami tubuh mereka jauh lebih pendek daripada kita, jadi kita harus rela jongkok atau berbaring. Kecuali jika anda menginginkan efek dan angle tertentu.
Menggunakan Alat Bantu
Tidak semua anak-anak suka bergaya dan berpose luwes, apalagi kalau tahu mereka sedang di foto. Jika anak tampak canggung, malu atau terlalu kaku manfaatkan alat bantu yang anda. Mainan bisa boneka untuk yang suka boneka, mobil-mobilan, dan sebagainya. Kalau mainan memang tidak tersedia, anda bisa memanfaatkanbarang yang ada di sekitar semisal kursi, buku atau bahkan bolpen, dengan sedikit diajak berinteraksi. Dengan begitu mereka akan sedikit melupakan kalau sedang jadi obyek foto dan mulai berekspresi spontan.
Ajukan pertanyaan-pertanyaanAnak-anak biasanya memiliki (atau didik untuk memiliki) cita-cita tertentu atau paling tidak memiliki tokoh kartun favorit. Insinyur, dokter, pemain bola, tentara, guru, ustadz atau naruto, superman, batman. Apa saja. Pakaikan kostum sesuai cita-cita atau tokoh favorit mereka dan fantasi mereka akan mulai melayang sehingga hilang semua kekakuan dan nervous. Ayo superman terbangnya gimana…. jepret!!
Jangan Paksa Mereka Tersenyum
Paksa mereka bilang “cheeerssss …. ”, maka anda akan mendapatkan senyuman yang dipaksakan, bibir yang ditarik kaku. Pose yang bagus tidak harus selalu tersenyum dan ada beberapa anak yang memang berkarakter serius, jangan dipaksakan dan ambil saja ekspresi itu. 

You Might Also Like

0 comments