photoediting

membongkar tools rahasia yang digunakan untuk retouching foto

14.07.00edifotoin


Halo art lover
Dalam posting kali ini saya akan menunjukkan tools yang sering digunakan, ketika proses editing foto. Software yang saya gunakan adalah; Adube Photoshop yang sebenarnya memiliki banyak tools sesuai kebutuhan editing yang sangat luas, dan tidak mungkin dibahas semua dalam satu artikel.

Kita akan berfokus pada tools yang sering saya gunakan ketika retouching foto, atau biasa saya sebut tusir foto.
Banyak rekan rekan sesama editor yang lebih suka menggunakan plug ins, atau software terpisah, yang menawarkan retouching atau tusir secara otomatis. Tapi saya akan membagikan alat paling dasar.

Tools yang sering saya gunakan lebih bersifat manual, meskipun prosesnya secara digital dengan Adobe Photoshop.

Berikut adalah tools retouching yang saya gunakan untuk retouching digital manual:



  1. Spot Healing brush
    • ini adalah tools andalan ketika retouching sejak pertama kali saya menggunakan photoshop, terutama saat retouching foto. Kemampuannya mencari spot pixel yang bagus dan menempelkan ke bagian yang kita klik sehingga noda atau bagian yang rusak akan terganti sengan pixel yang mirip dan menutupnya.
  1. Clone stamp
    • fungsinya mirip dengan tools diatas




  1. Brush lools
    • tentu saja ini adalah tools yang sangat dominan. Saya sebut demikian karena hampir setiap editing, desain diluar retouching pun saya menggunakannya. Membuat bayangan menambah bagian yang perlu di gambar, masking dan sebagainya

Untuk lebih jelas bagaimana prosesnya berikut ini adalah video proses yang sebagian besar menggunakan tools diatas.

Demikian dari saya, selamat berkarya


You Might Also Like

0 comments